Belajar membuat game 2D menggunakan Unity3D Part 1

02.16

Oke Guys, pada artikel kali ini saya akan mencoba membuat sebuah game 2D, namun kita akan memulai dari yang paling dasar. Karena saya juga belajar, mari kita belajar bersama dalam membuat game 2D menggunakan Unity3D.

Oke langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah project baru pada unity. Jangan lupa untuk memilih radio button 2D pada bagian bawah Location. Seperti gambar dibawah ini.


Perbedaan yang mendasar antara 3D dan 2D adalah pada axis-nya atau pada sumbunya. Jika pada game 3D maka game tersebut menggunakan tampilan 3 Dimensi yang menggunakan 3 axis yaitu sumbu x, y dan z. Karena saya masih newbie, maka saya akan menjelaskan secara kasar, yaitu sumbu Y adalah sumbu yang menunjukkan arah atas dan bawah, sumbu x menunjukkan arah kanan dan kiri lalu sumbu z itu menunjuk kearah depan dan belakang.. Mungkin seperti itu ya kasarannya.. Apabila game 2 Dimensi hanya menggunakan 2 axis atau sumbu yaitu x dan y saja. 


Oke begitulah sepintas penjelasan dari perbedaan 3D dan 2D.. Kemudian kita lanjutkan membuat game dengan menggunakan Game Engine Unity3D. Dibawah ini adalah tampilan dari aplikasi Unity3D. Pada bagian interfacenya terdiri dari menu dan tab - tab yang membantu dan mempermudah kita dalam membuat game. Secara default, Interface Unity tediri dari 6 Tab yakni tab Hierarchy, Scene, Game, Inspector, Project dan Console. Mungkin nanti akan saya jelaskan secara rinci pada artikel khusus.



Yup, pada saat ini kita sudah berhasil memulai langkah kecil kita untuk menjadi developer game hehehe.... Untuk percobaan pertama, saya akan mencoba untuk menggunakan sprites yang kalian bisa download secara gratis di sini. Sek-sek tunggu dlu, apaan sih sprites itu? Sprite adalah sebuah obyek atau bentuk berupa gambar yang digunakan sebagai assets pada game 2D.. Ngerti ngga? haha, bingung ya? ya pokoknya intinya, sprite itu adalah gambar yang membentuk objek pada game 2D.


Oke, setelah di download, ekstrak file tersebut pada komputer anda. Di dalam file tersebut terdapat beberapa template sprite yang bisa kalian edit dengan menggunakan Adobe AI, Corel Draw, Photoshop, SVG dan lain sebagainya. Nah, di dalam folder tersebut terdapat folder dengan nama PNG.. silahkan tarik atau drag folder tersebut atau juga bisa drag per-item, ke dalam tab Project. Ini merupakan cara cepatnya, kalo cara yang susah saya masih belum tahu hehehe...


Setelah semua file selesai di import, kalian bisa langsung menggunakan sprite tersebut untuk game pertama anda.. caranya adalah dengan menarik object pada tab project kedalam tab scene. Kemudian anda dapat mengatur tampilan scene anda sesuai yang anda inginkan, dengan ide dan kreatifitas anda masing-masing...


Okeh... demikian dulu part 1 nya, mungkin agak amburadul ya bahasanya, tapi ini juga pembelajaran dan jadi catatan buat penulis. Kalau ada masukan silahkan tuliskan pada kolom komen dibawah ya kawan. Terima kasih.......

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook